TPK Semarang
Informasi Sejarah TPK Semarang

SEJARAH TPKS SEMARANG

Sejarah berdirinya Terminal Petikemas Semarang (TPKS) tidak lepas dari sejarah Pelabuhan Tanjung Emas. Bentuk pengelolaan pelabuhan telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari perusahaan negara ( PN ) pelabuhan tahun 1960,Badan Pengusahaan Pelabuhan ( BPP) tahun 1969, dan perum Pelabuhan tahun 1983.

Berdasarkan pembagiannya,Pelabuhan semarang berada di bawah Perum Pelabuhan Indonesia III yang berkantor pusat di Surabaya. Pada periode ini dilaksanakan Proyek Pembangunan tahap I pelabuhan semarang  dan  diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 November 1985 yang kemudian diberi nama Pelabuhan  Tanjung Emas. Bentuk Pengelolaan pelabuhan mengalami Perubahan terakhir kali pada tahun 1992 dengan pembagian yang masih sama. Yaitu   PT.( persero )  Pelabuhan Indonesia  I, II , III, dan IV .

Awal kegiatan bongkar muat petikemas di pelabuhan Tanjung Emas dilakukan secara konvesional yaitu menjadi satu kesatuan bongkar muat barang umum ( general cargo ) yang berada di bawa kendali divisi usaha Terminal cabang Pelabuhan Tanjung emas,setelah selesainya pembangunan tahap II tahun 1997 , penanganan Petikemas memasuki tahap pelayanan terminal sendiri yang dikendalikan divisi Terminal petikemas cabang tanjung Emas  ( divisi TPK )

Sebagai langkah antisipasi terhadap pertumbuhan angkutan petikemas di pelabuhan Tanjung Emas , yang secara nyata memerlukan pengelolaan yang lebih profesional ,Manajemen pelabuhan Indonesia III melakukan pemekaran Organisasi  Pelabuhan Tanjung Emas ,menjadi 2 bagian yaitu pengelolaan Terminal petikemas secara mandiri dibawa tanggung jawab General Manager Termional petikemas semarang dan pengelolaan  pelabuhan di bawah tanggung jawab General Manager  Pelabuhan Tanjung  Emas .

Terminal Petikemas Semarang ( TPKS ) berdiri berdasarkan Surat keputusan Direksi  PT.Pelabuhan  Indonesia III ( persero )  Nomor : KEP.46/PP.1.08/P.III-2001 tanggal 29 Juni 2001 tentang pembentukan Terminal Petikemas Semarang terhitung sejak tanggal 21 Juli 2001 Terminal Petikemas Semarang merupakan cabang yang berdiri sendiri terpisah dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sehingga semua urusan handling Petikemas sepenuhnya dilakukan sendiri oleh manajemen Terminal Petikemas Semarang.

Sejarah TPKS Semarang

1960

Mulai Berdiri nama Perusahaan Negara(PN) Pelabuhan

1969

Dari PN Pelabuhan menjadi Badan Pengusaha Pelabuhan(BPP)

1983

Menjadi Perum Pelabuhan

23 november 1985

Berdirinya Pelabuhan Tanjung Emas

1997

Mulai dibentuknya Divisi terminal Pelabuhan Tanjung Emas (Divisi TPKS)

01 july 2001

Sekarang Pengelolaan Terminal Ptikemas secara mandiri ditangani oleh terminal Petikemas Semarang(TPKS)


Kurs BI 19/02/2018 Rp. 13,609.00 Kurs BI 15/02/2018 Rp. 13,638.00 Kurs BI 14/02/2018 Rp. 13,725.00 Kurs BI 13/02/2018 Rp. 13,712.00 Kurs BI 12/02/2018 Rp. 13,677.00

Sejarah berdirinya Terminal Petikemas Semarang tidak lepas dari sejarah Pelabuhan Tanjung Emas. Bentuk pengelolaan pelabuhan telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari Perusahaan Negara (PN) Pelabuhan tahun 1960, Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) tahun 1969, dan Perum Pelabuhan tahun 1983. Berdasarkan pembagiannya, Pelabuhan Semarang berada di bawah Perum Pelabuhan III yang berkantor pusat di Surabaya. Pada periode ini, dilaksanakan proyek pembangunan tahap I Pelabuhan Semarang dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 November 1985 yang kemudian diberi nama Pelabuhan Tanjung Emas.

Selengkapnya

Visi

Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik dengan Layanan Jasa Pelabuhan yang Prima

Misi

  1. Menjamin penyediaan jasa pelayanan prima melampaui standar yang berlaku secara konsisten;
  2. Memacu kesinambungan daya saing industri nasional melalui biaya logistik yang kompetitif;
  3. Memenuhi harapan semua stakeholder melalui prinsip kesetaraan dan tata kelola perusahaan yang baik;
  4. Menjadikan SDM yang berkompeten, berkinerja handal, dan berpekerti luhur;
  5. Mendukung perolehan devisa negara dengan memperlancar arus perdagangan.

Selengkapnya

Pelindo 3 menetapkan Budaya Perusahaan dengan tiga nilai inti utama yang menjadi pedoman bagi seluruh insan Pelindo 3 dalam menjalankan perusahaan. Budaya Perusahaan dimaksud adalah sebagai berikut:

1.Customer Focus

Selalu mengutamakan kepuasan pelanggan

2. Care

Terdepan dalam kepedulian kepada pemangku kepentingan dan lingkungan

3. Integrity

Berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi etika

Selengkapnya

PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III Terminal Petikemas Semarang senantiasa mengutamakan kepuasan pelanggan atas penyediaan permintaan dan pelayanan jasa-jasa pelabuhan, serta mengimplementasikan ketentuan-ketentuan yang terkait dengan pengelolaan kepelabuhanan dengan pemahaman bahwa dari para pelangganlah perusahaan dapat hidup dan berkembang (going concern)

Selengkapnya

Manager On Duty

Hotline
085201681117
 

Layanan Pelanggan

(024) 3580668
Senin-jumat (08.00-20.00)
Sabtu (08.00-17.00)
 

Email Pelanggan

support.tpks@pelindo.co.id