About us
TPKS Semarang      Home About Us

KOMITMEN MANAJEMEN TERMINAL PETIKEMAS SEMARANG (TPKS)

KOMITMEN MANAJEMEN TPKS DAN PARA SITE MANAGER VENDOR TPKS

TENTANG

IMPLEMENTASI PROGRAM MUTU, K3, KEAMANAN DAN LINGKUNGAN

 

Manajemen Terminal Petikemas Semarang dan seluruh Site Manajer Vendor Terminal Petikemas Semarang berkomitmen dalam menerapkan seluruh ketentuan-ketentuan yang terkait dengan Kebijakan Mutu, K3, Keamanan dan Lingkungan di wilayah Terminal Petikemas Semarang, antara lain sebagai berikut:

A.   KEBIJAKAN MK3L (MUTU, K3 DAN LINGKUNGAN)

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Terminal Petikemas Semarang berkomitmen untuk meningkatan kualitas pelayanan, memberikan perlindungan terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam rangka menuju World Class Port dengan Zero Accident, peduli terhadap lingkungan (Eco Port) melalui pemeliharaan lingkungan kerja yang aman dan sehat, pencegahan polusi di wilayah kerja dengan melaksanakan komunikasi dua arah kepada stakeholder kepelabuhanan, berupaya untuk pelaksanaan perbaikan sarana dan prasarana kerja secara berkelanjutan dengan mematuhi dan melaksanakan evaluasi pada peraturan yang berlaku

B.   KEBIJAKAN KEAMANAN (ISPS CODE)

  1. Mengumpulkan dan memeriksa segala informasi yang berkenaan dengan ancaman keamanan bagi Terminal Petikemas Semarang dan memberikan pertukaran informasi tersebut antara negara-negara peserta konvensi ISPS Code;
  2. Memelihara protokol komunikasi untuk kapal dan Terminal Petikemas Semarang;
  3. Mencegah akses bagi orang yang tidak berkepentingan ke kapal, dermaga dan di lingkungan Terminal Petikemas Semarang;
  4. Mencegah pembawaan serta yang tidak memiliki ijin, alat pembakar atau bahan peledak ke kapal, dermaga dan di lingkungan Terminal Petikemas Semarang;
  5. Menyediakan peralatan untuk membunyikan alarm sebagai reaksi terhadap ancaman keamanan atau gangguan keamanan;
  6. Melaksanakan rekomendasi hasil penilaian keamanan untuk Terminal Petikemas Semarang seperti mengadakan keamanan fisik dan pembuatan prosedur kemanan;
  7. Mengadakan training, gladi dan latihan bagi personil yang terlibat dalam keamanan di lingkungan Terminal Petikemas Semarang untuk memastikan agar mereka terbiasa dengan rancangan dan prosedur yang telah dibuat.


Sejarah berdirinya Terminal Petikemas Semarang tidak lepas dari sejarah Pelabuhan Tanjung Emas. Bentuk pengelolaan pelabuhan telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari Perusahaan Negara (PN) Pelabuhan tahun 1960, Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) tahun 1969, dan Perum Pelabuhan tahun 1983. Berdasarkan pembagiannya, Pelabuhan Semarang berada di bawah Perum Pelabuhan III yang berkantor pusat di Surabaya. Pada periode ini, dilaksanakan proyek pembangunan tahap I Pelabuhan Semarang dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 November 1985 yang kemudian diberi nama Pelabuhan Tanjung Emas.

Selengkapnya

Visi

Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik dengan Layanan Jasa Pelabuhan yang Prima

Misi

  1. Menjamin penyediaan jasa pelayanan prima melampaui standar yang berlaku secara konsisten;
  2. Memacu kesinambungan daya saing industri nasional melalui biaya logistik yang kompetitif;
  3. Memenuhi harapan semua stakeholder melalui prinsip kesetaraan dan tata kelola perusahaan yang baik;
  4. Menjadikan SDM yang berkompeten, berkinerja handal, dan berpekerti luhur;
  5. Mendukung perolehan devisa negara dengan memperlancar arus perdagangan.

Selengkapnya

Pelindo 3 menetapkan Budaya Perusahaan dengan tiga nilai inti utama yang menjadi pedoman bagi seluruh insan Pelindo 3 dalam menjalankan perusahaan. Budaya Perusahaan dimaksud adalah sebagai berikut:

1.Customer Focus

Selalu mengutamakan kepuasan pelanggan

2. Care

Terdepan dalam kepedulian kepada pemangku kepentingan dan lingkungan

3. Integrity

Berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi etika

Selengkapnya

PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III Terminal Petikemas Semarang senantiasa mengutamakan kepuasan pelanggan atas penyediaan permintaan dan pelayanan jasa-jasa pelabuhan, serta mengimplementasikan ketentuan-ketentuan yang terkait dengan pengelolaan kepelabuhanan dengan pemahaman bahwa dari para pelangganlah perusahaan dapat hidup dan berkembang (going concern)

Selengkapnya

Manager On Duty

Hotline
085201681117
 

Layanan Pelanggan

(024) 3580668
Senin-jumat (08.00-20.00)
Sabtu (08.00-17.00)
 

Email Pelanggan

support.tpks@pelindo.co.id