Pertama, Tiga Kapal Sandar Sekaligus di TPKS
  • 02-MAR-16
29 Jan 2016 — News

Setelah selesaianya perpanjangan dermaga 105 meter (total 600 meter) dan perluasan lapangan penumpukan petikemas (Container Yard) seluas 5,3 Ha, sekaligus datangnya 2 unit Container Crane baru, pada hari Minggu (17/01), PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Terminal Petikemas Semarang (TPKS) untuk pertama kalinya meng-handle bongkar muat petikemas dari 3 kapal secara bersamaan dan simultan. Nama-nama kapal petikemas yang sandar bersamaan adalah MV Everpride (Evergreen, 182m LOA-17.887 GT), MV Northern Diamond (Maerskline, 231m LOA-36.007 GT dan Meratus Sibolga (Meratus-line, 98m-3.256 GT).

Erry Akbar Panggabean, General Manager Pelindo III TPKS, mengatakan kesiapan alat angkat dan infrastruktur baru yang telah terselesaikan pada akhir 2015 lalu telah melalui serangkaian uji coba dan akhirnya sudah dapat di operasikan pada awal Januari 2016 ini. “Adanya dermaga dengan panjang 600 meter dan 7 unit STS (Ship-to-shore) Crane atau yang biasa disebut Container Crane ini memungkinkan TPKS untuk dapat meng-handle kegiatan bongkar/muat dari 3 kapal yang sandar bersamaan secara sekaligus dan simultan. TPKS untuk pertama kalinya semenjak berdiri tahun 2001 mampu melayani kegiatan bongkar/muat 3 kapal sekaligus” terangnya.

Tahun 2016 ini Pelindo III TPKS menetapkan target produksi handling petikemas sebanyak 658.000 TEUs. Kemampuan untuk melakukan service terhadap 3 kapal sekaligus tentu akan menunjang kemampuan produksi TPKS untuk mencapai tersebut. Salah satu kapal yang sandar, MV Northern Diamond milik dari perusahaan pelayaran Maersk merupakan salah satu kapal terpanjang dan terbesar yang pernah melakukan aktivitas di TPKS. Kapal berbendera Liberia ini merupakan kapal feeder  ke Tanjung Pelepas Port Malaysia dan memiliki panjang 231 meter dan 36.007 Gross Tonnage.

“Selain untuk meng-akselerasi pencapaian target produksi tahun 2016, kemampuan handling 3 kapal secara bersamaan juga akan membuat pelayanan kapal di TPKS menjadi Zero waiting time, kapal bisa segera masuk ke window berthing mereka, tanpa harus menunggu lama dulu di kolam pelabuhan untuk dapat bersandar,” tambah Erry.

Erry menghimbau agar setiap stakeholders Pelindo III TPKS yang melakukan aktivitas di wilayah kerja terbatas TPKS agar di tahun 2016 ini mempu meningkatkan ketertiban APD (Alat Pelindung Diri) dengan lebih baik lagi dan senantiasa membudayakan Safety First untuk menghindari potensi resiko yang mungkin terjadi saat kegiatan operasional di lapangan





Kurs BI 19/02/2018 Rp. 13,609.00 Kurs BI 15/02/2018 Rp. 13,638.00 Kurs BI 14/02/2018 Rp. 13,725.00 Kurs BI 13/02/2018 Rp. 13,712.00 Kurs BI 12/02/2018 Rp. 13,677.00

Sejarah berdirinya Terminal Petikemas Semarang tidak lepas dari sejarah Pelabuhan Tanjung Emas. Bentuk pengelolaan pelabuhan telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari Perusahaan Negara (PN) Pelabuhan tahun 1960, Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) tahun 1969, dan Perum Pelabuhan tahun 1983. Berdasarkan pembagiannya, Pelabuhan Semarang berada di bawah Perum Pelabuhan III yang berkantor pusat di Surabaya. Pada periode ini, dilaksanakan proyek pembangunan tahap I Pelabuhan Semarang dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 November 1985 yang kemudian diberi nama Pelabuhan Tanjung Emas.

Selengkapnya

Visi

Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik dengan Layanan Jasa Pelabuhan yang Prima

Misi

  1. Menjamin penyediaan jasa pelayanan prima melampaui standar yang berlaku secara konsisten;
  2. Memacu kesinambungan daya saing industri nasional melalui biaya logistik yang kompetitif;
  3. Memenuhi harapan semua stakeholder melalui prinsip kesetaraan dan tata kelola perusahaan yang baik;
  4. Menjadikan SDM yang berkompeten, berkinerja handal, dan berpekerti luhur;
  5. Mendukung perolehan devisa negara dengan memperlancar arus perdagangan.

Selengkapnya

Pelindo 3 menetapkan Budaya Perusahaan dengan tiga nilai inti utama yang menjadi pedoman bagi seluruh insan Pelindo 3 dalam menjalankan perusahaan. Budaya Perusahaan dimaksud adalah sebagai berikut:

1.Customer Focus

Selalu mengutamakan kepuasan pelanggan

2. Care

Terdepan dalam kepedulian kepada pemangku kepentingan dan lingkungan

3. Integrity

Berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi etika

Selengkapnya

PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III Terminal Petikemas Semarang senantiasa mengutamakan kepuasan pelanggan atas penyediaan permintaan dan pelayanan jasa-jasa pelabuhan, serta mengimplementasikan ketentuan-ketentuan yang terkait dengan pengelolaan kepelabuhanan dengan pemahaman bahwa dari para pelangganlah perusahaan dapat hidup dan berkembang (going concern)

Selengkapnya

Manager On Duty

Hotline
085201681117
 

Layanan Pelanggan

(024) 3580668
Senin-jumat (08.00-20.00)
Sabtu (08.00-17.00)
 

Email Pelanggan

support.tpks@pelindo.co.id