Pentingnya IDCard untuk Sopir Trailer Petikemas
  • 11-JAN-16

       General Manajer TPKS Iwan Sabatini saat melihat proyek perluasan dermaga. Semarang, Antara Jateng - Kartu identitas diri atau id-card akan menjadi sangat penting bagi para sopir trailer yang akan mengirim atau mengambil kontainer barang ekspor/impor di Terminal Petikemas Semarang (TPKS). TPKS per September 2015, tidak hanya mewajibkan para sopir trailer menggunakan alat pelindung diri seperti helm, rompi, dan sepatu, tetapi juga harus dilengkapi dengan id-card dan radio frequency identification (RFID) yang dipasang di masing-masing trailer.

General Manajer TPKS Iwan Sabatini mengakui keharusan mengenakan id-card, APD, serta RFID mulai belaku September 2015, sehingga saat iini pihaknya gencar menyosialisasikan kepada Organda dan para pengguna jasa trailer seperti pengusaha dan sopir.

Iwan menegaskan sosialisasi id-card dan RFID ini terus dilakukan karena saat ini tengah dilakukan penambahan dermaga baru dan nantinya akan ada 11 automation RTG yang seluruhnya dioperasikan secara otomatis atau tanpa petugas.

"Pembangunan dermaga sudah mencapai 73 persen dan diperkirakan akan selesai akhir 2015, sehingga dapat dioperasikan awal 2016. Jadi begitu dermaga dioperasikan, semuanya sudah siap (RFID dan id-card sopir trailer,red.)," kata Iwan Sabatini seusai melihat lokasi proyek penambahan dermaga.

Ia menegaskan dengan RFID dan id-card, juga akan memberikan jaminan keselamatan kerja, ketertiban dan keamanan, kelancaran receiving dan delivery, serta menghasilkan kinerja ekspor dan impor yang baik karena ada tuntutan para sopir trailer memperhatikan rambu-rambu dalam area petikemas.

Pada tahap sosialisasi, lanjut Iwan, Organda juga melakukan pendataan karena masih banyak pengusaha yang belum terdaftar sebagai anggota.

"Nantinya trailer yang tidak ada RFID tidak dapat masuk ke TPKS dan kebijakan ini juga dapat mengetahui mana yang bukan domisili Semarang. Untuk yang dari luar daerah, bisa saja nanti dibuatkan id-card visitor satu hingga tiga kali. Tetapi setelah itu, juga diwajibkan memiliki RFID," katanya.

Ketua Organda Khusus Pelabuhan Tanjung Emas Slamet Rusman menambahkan bahwa hasil pendataan ulang tercatat 1.500 trailer dan 570 nontrailer sehingga totalnya mencapai lebih 2.000 angkutan.

"Organda tidak membatasi umur kendaraan, hanya saja kami meminta kendaraan layak jalan seperti aman atau tidak macet dalam CY. Kami terus meminta bagi yang belum terdata sejak pertengahan November 2014 sampai sekarang, dapat segera mendaftarkan diri," kata Slamet.

 

Editor: Nur Istibsaroh

COPYRIGHT © 2014

 





Kurs BI 16/08/2018 Rp. 14,692.00 Kurs BI 15/08/2018 Rp. 14,694.00 Kurs BI 14/08/2018 Rp. 14,698.00 Kurs BI 13/08/2018 Rp. 14,656.00 Kurs BI 10/08/2018 Rp. 14,509.00

Sejarah berdirinya Terminal Petikemas Semarang tidak lepas dari sejarah Pelabuhan Tanjung Emas. Bentuk pengelolaan pelabuhan telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari Perusahaan Negara (PN) Pelabuhan tahun 1960, Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) tahun 1969, dan Perum Pelabuhan tahun 1983. Berdasarkan pembagiannya, Pelabuhan Semarang berada di bawah Perum Pelabuhan III yang berkantor pusat di Surabaya. Pada periode ini, dilaksanakan proyek pembangunan tahap I Pelabuhan Semarang dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 November 1985 yang kemudian diberi nama Pelabuhan Tanjung Emas.

Selengkapnya

Visi

Menjadi Pemimpin Bisnis di Pelabuhan

Misi

  1. Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder;
  2. Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan;
  3. Menciptakan solusi bisnis yang cerdas melalui integrasi dan kerjasama mitra strategis.

Motto

We Are Your Bussiness Solution

Selengkapnya

Pelindo 3 menetapkan Budaya Perusahaan dengan tiga nilai inti utama yang menjadi pedoman bagi seluruh insan Pelindo 3 dalam menjalankan perusahaan. Budaya Perusahaan dimaksud adalah sebagai berikut:

1.Customer Focus

Selalu mengutamakan kepuasan pelanggan

2. Care

Terdepan dalam kepedulian kepada pemangku kepentingan dan lingkungan

3. Integrity

Berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi etika

Selengkapnya

PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III Terminal Petikemas Semarang senantiasa mengutamakan kepuasan pelanggan atas penyediaan permintaan dan pelayanan jasa-jasa pelabuhan, serta mengimplementasikan ketentuan-ketentuan yang terkait dengan pengelolaan kepelabuhanan dengan pemahaman bahwa dari para pelangganlah perusahaan dapat hidup dan berkembang (going concern)

Selengkapnya

Manager On Duty

Hotline
085201681117
 

Layanan Pelanggan

(024) 3580668
Senin-jumat (08.00-20.00)
Sabtu (08.00-17.00)
 

Email Pelanggan

support.tpks@pelindo.co.id