TPKS Songsong Pelayanan Prima
  • 04-JAN-16

 

SEMARANG - Pelabuhan telah menjadi bagian yang penting perdagangan. Hampir semua kebutuhan masyarakat baik untuk ekspor maupun impor ada di pelabuhan. Di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, aktivitas tiap tahunnya mengalami peningkatan. Berdasarkan hal itu, Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) mau tidak mau terus mengembangkan diri seiring peningkatan aktivitas transaksi barang di Pelabuhan Tanjung Emas. TPKS saat ini memegang peran penting dalam distribusi barang di Kota Semarang khususnya dan Jateng pada umumnya. ’’Menghadapi pertumbuhan distribusi barang menggunakan peti kemas, TPKS kini mempunyai standar pelayanan bagi konsumen, yakni PRIMA yang diartikan Professional, Rensponsive, Inovative, Modern, dan Accoun­table. Lima unsur itu menjadi  pilar dan acuan kami da­lam me­layani bongkar muat peti ke­mas,’’ ujar General Manager TPKS Iwan Sabatini, Jumat (8/8). Pihaknya juga terus belajar untuk mengembangkan pela­yanan dengan cara membangun jejaring (networking) dan kerja sama dengan terminal peti kemas yang ada di pelabuhan-pelabuhan internasional. TPKS menyadari, kecepatan, dan ketepatan dalam pelayanan bongkar muat adalah yang utama. Kurangi Risiko Karena itu, TPKS melakukan investasi yang cukup besar de­ngan melakukan kesiapan se­banyak 11 alat Automatic Rubber Tyred Gantry (ARTG) yang akan digunakan untuk ke­giatan bong­kar muat di lapangan pe­num­pukan. ’’Semua alat tersebut akan di­operasikan pada 2015.  Alat ter­sebut mengguna­kan teknologi mo­­dern tanpa operator tapi di­ken­­dalikan melalui control room.’’Dengan dioperasikan alat yang serba otomatis, secara langsung akan mengurangi risiko human error. Dan dampaknya, ke­giatan bongkar muat makin lancar. Dengan alat ini pula, pe­ngemudi truk bisa mengetahui lo­kasi yang akan dituju (lift on/off). Selain 11 alat ARTG, TPKS juga berinvestasi dengan penambahan dermaga sepanjang 105 meter.

’’Dengan penambahan ini, total panjang dermaga mencapai 600 meter.Nantinya dermaga  dapat disandari empat kapal se­dang atau tiga kapal besar. Juga akan di­perkuat dengan dua unit Contain­er Crane baru berupa Au­to­mated Stacking Crane (ASC).’’

Dengan pembenahan dan investasi itu, TPKS siap menuju ke­mandirian sebagai anak perusahaan di bawah naungan PT Pela­buhan Indonesia III (Persero) di awal 2015.





Kurs BI 19/02/2018 Rp. 13,609.00 Kurs BI 15/02/2018 Rp. 13,638.00 Kurs BI 14/02/2018 Rp. 13,725.00 Kurs BI 13/02/2018 Rp. 13,712.00 Kurs BI 12/02/2018 Rp. 13,677.00

Sejarah berdirinya Terminal Petikemas Semarang tidak lepas dari sejarah Pelabuhan Tanjung Emas. Bentuk pengelolaan pelabuhan telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari Perusahaan Negara (PN) Pelabuhan tahun 1960, Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) tahun 1969, dan Perum Pelabuhan tahun 1983. Berdasarkan pembagiannya, Pelabuhan Semarang berada di bawah Perum Pelabuhan III yang berkantor pusat di Surabaya. Pada periode ini, dilaksanakan proyek pembangunan tahap I Pelabuhan Semarang dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 November 1985 yang kemudian diberi nama Pelabuhan Tanjung Emas.

Selengkapnya

Visi

Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik dengan Layanan Jasa Pelabuhan yang Prima

Misi

  1. Menjamin penyediaan jasa pelayanan prima melampaui standar yang berlaku secara konsisten;
  2. Memacu kesinambungan daya saing industri nasional melalui biaya logistik yang kompetitif;
  3. Memenuhi harapan semua stakeholder melalui prinsip kesetaraan dan tata kelola perusahaan yang baik;
  4. Menjadikan SDM yang berkompeten, berkinerja handal, dan berpekerti luhur;
  5. Mendukung perolehan devisa negara dengan memperlancar arus perdagangan.

Selengkapnya

Pelindo 3 menetapkan Budaya Perusahaan dengan tiga nilai inti utama yang menjadi pedoman bagi seluruh insan Pelindo 3 dalam menjalankan perusahaan. Budaya Perusahaan dimaksud adalah sebagai berikut:

1.Customer Focus

Selalu mengutamakan kepuasan pelanggan

2. Care

Terdepan dalam kepedulian kepada pemangku kepentingan dan lingkungan

3. Integrity

Berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi etika

Selengkapnya

PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III Terminal Petikemas Semarang senantiasa mengutamakan kepuasan pelanggan atas penyediaan permintaan dan pelayanan jasa-jasa pelabuhan, serta mengimplementasikan ketentuan-ketentuan yang terkait dengan pengelolaan kepelabuhanan dengan pemahaman bahwa dari para pelangganlah perusahaan dapat hidup dan berkembang (going concern)

Selengkapnya

Manager On Duty

Hotline
085201681117
 

Layanan Pelanggan

(024) 3580668
Senin-jumat (08.00-20.00)
Sabtu (08.00-17.00)
 

Email Pelanggan

support.tpks@pelindo.co.id